Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information and ommunication Technology (ICT) kini sudah merupakan suatu kebutuhan, bukan saja bagikegiatan pendidikan, seperti kegiatan belajar-mengajar, tetapi juga kebutuhan bagi kegiatan sehari-hari.Konsekuensinya adalah baik dosen, guru, tenaga administrasi dan semua pelaksana pendidikan adalah sulitatau bahkan tidak bisa menghindari penggunaan TIKtersebut dalam melaksanakan tugasnya.
Bagi mereka yang tidak mengerti, tidak dapat dan tidak mampu memanfaatkan TIK dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari sering disebut dengan nama ’gaptek’atau ’gagap teknologi’. Karena teknologi komputer kini(khususnya yang telah tersambung dengan internet)berperan sebagai alat bantu pendidikan, maka teknologiyang tersedia di komputer tersebut menjadi sumber materidari semua mata pelajaran. Akibatnya, dosen atau guruharus memaksa dirinya mampu menggunakan teknologikomputer baik sebagai alat bantu maupun sebagai materi.
Kalau pada awal tahun 1980-90-an teknologi komputer hanya dimiliki dan dimanfaatkan oleh kalangan tertentu, namun sekarang sudah tidak demikian lagi.Pemanfaatan komputerpun kini sudah menjadi kebiasaanpekerjaan para dosen, guru, mahasiswa bahkan parapegawai yang bekerja dibidang pendidikan.
Dengan demikian, pentingnya TI dalam kehidupan sehari-hari sudah tidak dapat lagi dihindar.
Kalau pada awal tahun 1980-90-an teknologi komputer hanya dimiliki dan dimanfaatkan oleh kalangan tertentu, namun sekarang sudah tidak demikian lagi.Pemanfaatan komputerpun kini sudah menjadi kebiasaanpekerjaan para dosen, guru, mahasiswa bahkan parapegawai yang bekerja dibidang pendidikan.
Dengan demikian, pentingnya TI dalam kehidupan sehari-hari sudah tidak dapat lagi dihindar.
0 komentar:
Post a Comment